Friday, July 1, 2011

Urusan yang Mengagumkan


Shuhaib bin Sinan r.a. bercerita bahwa Rasulullah saw. bersabda, 'Urusan orang mukmin itu mengagumkan, semua urusannya baik dan itu hanya dimiliki oleh mukmin. Jika ia mendapat kelapangan ia bersyukur dan itulah yang terbaik baginya. Jika ia mendapat kesulitan, ia bersabar dan itulah yang terbaik baginya" (HR. Muslim).

Anas bin Malik r.a. mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda, "Allah Azza wa Jalla berfirman: 'Jika aku menguji hamba-Ku dengan kehilangan dua kesayangannya, lalu ia bersabar niscaya aku memberinya surga sebagai ganti' (HR. Bukhari).

'Atha'bin Abi Rabah berkata Ibn 'Abbas r.a. berkata kepadaku, maukah kutunjukkan kepadamu seorang wanita penghuni surga?' aku jawab, 'tentu'. Lalu ia berkata, "Seseorang wanita berkulit hitam pernah mendatangi Rasulullah saw dan berkata, "Aku sering pingsan dan itu membuat auratku tersingkap, maka mohon doakan pada Allah untukku." "Rosul menjawab, "Jika kau mau bersabarlah, maka surga untukmu. Namun jika kamu menghendaki kesembuhan, saya akan berdoa untuk kesembuhanmu." Wanita tersebut menjawab, "aku bersabar." Lalu ia berkata lagi, sungguh auratku sering tersingkap, maka do'akanlah kepada Allah agar tidak tersingkap." (HR. Bukhari dan Muslim).

Abu Sa'id dan Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa nabi saw bersabda, 'tidaklah kelelahan, penyakit, gelisah, duka, dan kesedihan menimpa seorang muslim, bahkan sekedar tertusuk duri, melainkan allah menjadikan semua itu sebagai penubus kesalahn-kesalahannya' (HR. Bukhari dan Muslim).


Diambil dari Pelipur Lara mereka yang tertimpa musibah, Imam Ibn Muhammad al-Manbaji,Judul Asli Tasliyah Ahl al-Masha'ib, diterjemahkan Saifuddin Zuhri. 2003. Pustaka Hidayah.

No comments:

Post a Comment