Saturday, November 12, 2011

Selalu ada ruang untuk bersabar karena sabar itu tiada berbatas

Seringkali kita mendengar sebagian orang mengatakan bahwa sabar itu ada batasnya. Dari yang saya fahami tidaklah demikian, sabar itu akan selalu bisa kita usahakan. Memang berat kadang untuk mencapai kedudukan orang-orang yang bersabar. Namun demikian, bukan tidak ada jalan menuju kesana. Jalan menuju kesabaran adalah ilmu, tiada iman tanpa ilmu, dan tiada kesabaran tanpa keimanan. Saat kita merasa berat, Itulah ujian yang mesti kita lewati dengan sebaik-baiknya. Pastikan diri selalu merasa bersama Allah dan malaikat-Nya. Bukankah kita tidak mau bila malaikat yang kita harapkan melimpahi berkah dari-Nya untuk kita tidak sudi lagi bersama dengan kita karena kita tidak bersabar [marah, misalnya] sehingga yang datang adalah yang lain yaitu musuh yang nyata. Justru saat terasa berat kita perlu merenungi firman-Nya, "Jadikanlah sabar dan sholatmu, sebagai penolongmu, Dan sesungguhnya hal itu amat berat kecuali bagi Orang-orang yang khusyuk'" (Al-Baqarah: 45).

Dalam menjalani kehidupan yang sesungguhnya merupakan ujian ini, sebaik-baik tindakan adalah yang penuh dengan kesabaran dan kesabaran yang dimaksud adalah kesabaran yang baik. Allah pun berfirman, "Maka bersabarlah kamu dangan sabar yang baik" (Al-Ma'arij : 5). Apabila kita telah mengarungi kesabaran dengan segenap energi, seterusnya adalah memasrahkannya kepada Allah, karena Dia yang maha memberi sebaik-baik pembalasan. "Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada disisi Allah adalah kekal. dan sesungguhnya kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan" (an-Nahl ; 96). "Mereka itu diberi pahala dua kali ganda di sebabkan kesabaran mereka....." (al-Qashash: 54). "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas." (az-Zumar : 10).

Wallahu a’lam.

Note; Namun demikian untuk bersabar, kita perlu mengerti mengenai hukumnya . Hal ini dapat dibaca pada archive bulan maret 2012

No comments:

Post a Comment