Monday, March 12, 2012

3 Sebab Menjaga Perut dari yang Haram dalam Minhajul ‘Abidin

Al Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Minhajul ‘Abidin atau Jalan bagi Ahli Ibadah mengatakan bahwa kita sangat dianjurkan menjaga perut kita dari mengkonsumsi barang yang haram karena sebab-sebab berikut.

1. Takut api neraka karena “Sesungguhnya orang yang makan harta anak yatim dengan jalan dzolim, mereka itu sama seperti makan api dalam perutnya dan akan dimasukan ke dalam neraka syair.” (QS. An-Nisa: 10). Sabda Nabi saw. “Setiap daging yang tumbuh dari barang yang haram, api neraka lebih cepat menyambar kepadanya.”

2. Pemakan yang haram dan syubhat tidak mendapat taufik untuk beribadah karena tidak patut beribadah kepada Allah kecuali tiap-tiap yang suci dari barang haram. Berkata Yahya bin Mu’adz Ar-Roji rahimahullah bahwa ta’at itu tersimpan dalam gudang-gudang kepunyaan Allah yang lobang kuncinya do’a dan anak kuncinya adalah barang halal.

3. Pemakan barang haram dan syubhat tercegah dari mengerjakan kebaikan. Jika ia dapat mengerjakannya maka amalan tertolak. Diriwayatkan Syd Ibnu Abbas ra. ‘Allah tidak akan menerima sholat seseorang yang dalam perutnya penuh dengan barang haram.’

No comments:

Post a Comment