Thursday, April 5, 2012

Antara Pria dan Wanita


Merupakan suatu hal yang tlah sering kita dengar adanya pandangan sebagian kelompok yang dipromosikan ke seluruh penjuru dunia untuk memberi kesan negatif pada agama Islam. Salah satu hal yang sering dibicarakan adalah kedudukan wanita dan pria. Seorang dosen di Universitas al-Azhar, Mesir yaitu Dr. Ahmad asy-Syarbashi dalam YAS’ALUNAKA, Fi ad-Din wa al Hayah [4] menjawab mengenai tuduhan ini.
‘Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain , dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.’ Surat an-Nisa' 1.
Dari ayat tersebut jelas bahwa Allah SWT menciptakan pria dan wanita dari satu sumber dan kedudukan keduanya disamakan oleh-Nya. Pria dan wanita juga dituntut untuk hal yang sama yaitu beriman, beribadah dan beramal sholeh.
Pria dan wanita juga memperoleh balasan yang sama dari amalannya. Pria tidak seharusnya merasa kekuatan dan kekuasaan atas wanita bermakna ia lebih dekat kepada Allah dan wanita hendaknya pula tidak merasa bahwa dijadikannya laki-laki pemimpin atas wanita membuat pria otomatis lebih tinggi kedudukannya di mata Allah SWT.
‘Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Surat ali imran 195.
Allah SWT berfirman, ‘Sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain.’ Pria dilahirkan dari wanita dan wanita dilahirkan dari pria. Tidak perbedaan mereka dari sisi kemanusiaan dan tidak ada keutamaan antara keduanya melainkan dari segi amal.  Penyamaan kedudukan pria dan wanita dalam Islam juga disebut dalam firman berikut.
“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut nama allah, allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar” (QS al-Ahzab 35)

No comments:

Post a Comment