Saturday, April 7, 2012

Hakekat Keimanan menurut Ibnu Qayyim dalam Al-Fawaaid


Iman yang hakiki bukan semata-mata pengakuan akan Dzat Allah SWT sebagai pencipta seluruh alam dan seisinya. Iman seperti ini tidak lebih dari imannya kaum penyembah berhala, kaum quraisy dan orang yang mengimani Allah dan rasul-Nya tanpa diikrarkan dan diamalkan.
Iman yang hakiki juga bukan iman pada Allah yang bersemayam di ‘Arasy, iman pada sifat-sifat-Nya dan menghamba pada-nya namun dengan cara-cara yang dibuat sendiri atau sesuai cara nenek moyangnya.
Iman yang hakiki adalah yang dimaksud oleh Al Qur’an dan Sunnah. Merupakan makrifat kepada Allah SWT melalui ajaran yang dibawa oleh Rasulullah yang diyakini dalam hati, diucapkan secara lisan, dipatuhi dengan cinta pada-Nya, diamalkan lahir dan bathin, didakwahkan sesuai dengan kemampuannya. Menjadi sempurna bila telah cinta, benci, memberi, menolak karena Allah dan menjadikan Allah sebagai Ilah yang disembah secara total.

1 comment:

  1. 1988 Plymouth Voyager AC Compressor
    This is a better-quality article as they all are. I make fun of been wonder wide this an eye to some beat now. Its great to receive this info. You are fair and balanced.

    ReplyDelete