Tuesday, April 3, 2012

Kebahagiaan dan Kedukaan


Janganlah engkau cari kebahagiaan di tempat yang jauh. Sesungguhnya kebahagiaan ada dalam dirimu. Dalam pikiranmu yang indah, dalam harapanmu yang baik, dalam keinginanmu yang bagus, dan dalam hati yang kau gunakan untuk kebaikan
Kebanyakan manusia beranggapan bahwa setiap kebahagiaan akan cepat hilang sedangkan kedukaan kekal. Mereka percaya hilangnya kebahagiaan namun tidak ingat hilangnya kedukaan.
Mengapa engkau mendengarkan gonggongan anjing namun tidak mendengarkan kicauan burung. Mengapa engkau melihat malam yang gelap namun tidak menyaksikan indahnya bulan dan bintang. Mengapa engkau mengadukan sengatan lebah dan melupakan manisnya madu.
Ketika musibah datang kepadamu maka bahagiakan hari-harimu supaya dapat mengarungi musibah dengan ringan. Musibah bagaikan umur manusia yang pasti akan ada akhirnya.
Ketika masalah dan musibah menjadi terasa sangat berat dan kesedihan telah sangat menyulitkanmu bahkan keputusasaan hampir kau rasakan, maka tunggulah kebahagiaan akan segera hadir.
Jika engkau menghendaki Allah menghiburmu atas kesedihan, hapuskan ketamakan dari semua makhluk, hilangkan ketergantungan pada selain-Nya.

Dr. ‘Aidh al-Qarni

No comments:

Post a Comment