Tuesday, April 3, 2012

Kemerdekaan dari Penghambaan terhadap Makhluk

Prof. Yusof Al-Qardhawi dalam bukunya Al-IBADAH Fil ISLAM menyatakan bahwa pengabdian yang tulus ikhlas kepada Allah SWT sebenarnya merupakan pembebasan dan kemerdekaan dari penghambaan kepada selain-Nya. Dengan demikian, orang tersebut dapat mencapai ketuanan yang sejati melalui pembebasan  hati nurasi sebagai karunia Allah SWT. Ubudiyah atau pengabdian  yang sebaik-baiknya dengan penuh keikhlasan dicirikan dengan hati yang ada ikatan, kebergantungan  dan kebutuhan yang sangat kepada Allah SWT. 
Baginya tidak ada tuhan yang pantas disembah kecuali Allah SWT. Tidak ada tempat meminta pertolongan kecuali Dia, tidak ada tempat bergantung kecuali Dia, tidak ada yang membuatnya gembira kecuali yang dicintai dan diridhai-Nya. Dia akan benci pada apa yang dibenci Allah, cinta kepada apa yang dicintai Allah, tidak memusuhi kecuali yang dimusuhi Allah, tidak minta dan memberi kecuali karena Allah, tidak melarang kecuali karena Allah.
Seseorang yang telah dapat mencapai keikhlasan sejati dalam ubudiyah akan merasakan kebahagiaan dan kedamaian hati nurani. Ia akan senantiasa setia, cinta dan menumpukan segala daya dan kekuatannya untuk Allah semata dan tiada lagi tuhan-tuhan lain menguasai qolbunya. Ia juga merasa cukup kaya dengan dekat bersama Allah yang dicintainya. Sedangkan mempertuhankan makhluk tidak mungkin akan mengayakan batin seseorang. Semakin kuat keikhlasan agama seseorang kepada Allah maka semakin sempurna pula ubudiyahnya kepada Allah, sempurna pula kesuciannya dari takabur dan syirik.

No comments:

Post a Comment