Friday, November 2, 2012

Rasulullah SAW Meminta Kita Berlaku Adil terhadap Anak


Berkas-berkas disertasiku terkadang nyelip ketempat lain, dan hari itu kucari-cari soft file-nya di laptop. Secara tidak sengaja terbuka file dalam laptop-ku yang tertulis didalamnya catatan dari anakku. Walaupun tidak ditulis nama, namun insyaAllah dapat tahu dari siapa catatan itu. Dari tiga anak gadis kecilku, dua diantaranya sudah bisa menyampaikan isi hatinya melalui tulisan. Diantara keduanya, salah satunya suka berkreasi menggunakan program-program yang ada di komputer. Dialah gadis manis yang kadang terlihat cuek, namun insyaAllah cepat dalam memahami segala sesuatunya. 
Sebagai seorang ibu, sungguh teriris hati ini membacanya, tertulis di situ sebuah kalimat yang menunjukkan ketidaksenangannya sewaktu saya pergi dengan adiknya tifa (pergi ke mana saya tidak tahu/tidak ingat dan kapan terjadinya saya pun tidak tahu). Apa yang saya ketahui dan rasa adalah bahwa sebagai ibu, tidak pernah sedetikpun berniat membeda-bedakan anak-anaknya. Kalau suatu saat pergi untuk suatu keperluan dan tidak membawa serta semua anak-anak itu pasti ada sebabnya, entah karena ada yang sedang tidur, atau alasan lain. Biasanya di lain waktu akan diajak serta. 
Perasaan diperlakukan tidak adil ini saya rasa banyak terjadi pada keluarga-keluarga yang lain. Pernah terdengar seseorang bercerita bahwa bapaknya tidak menyayanginya. Saya sebagai orang yang tahu betul tentang keluarga itu dapat menyaksikan sendiri bahwa tidak benar bapaknya tidak menyayangi seperti yang dia rasakan. Hal ini membuat saya merenung, terkadang sebagai orang tua kita telah berusaha untuk selalu melakukan yang terbaik, namun yang kita rasa terbaik itu belum tentu demikian juga dirasakan oleh anak-anak kita. 
Rasulullah saw pernah bersabda yang maksudnya ”Takutlah akan Allah dan berlaku adillah terhadap anak-anakmu. ”Hadits ini diriwayatkan al-Bukhari dan Muslim. Hadits lainnya adalah; Telah diberitakan oleh Jabir ibnu Al Mufadlal ibnu Al Muhallab dari ayahnya: "Aku telah mendengar Nu'man bin Basyir dalam khutbahnya berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: "Berlakulah adil di antara anak-anakmu, berlakulah adil di antara anak-anakmu." HR. Sunan An Nasa`iy. 
Tergetar hati ini mencoba memahami apa yang Rasul saw sabdakan. Ketidakpuasan anak, menjadikan diri perlu mengoreksi lagi apa yang sebaiknya patut diperbaiki dalam bersikap terhadap anak-anak titipan Ilahi.  Oh anakku, ibu ingin memelukmu andai engkau ada didekat ibu saat ini. Tidak mengapa, insyaAllah semoga Allah mengilhamkan ibumu untuk lebih hati-hati bersikap terhadap dirimu dan kakak adikmu. Terima kasih anakku darimu ibu banyak belajar.

No comments:

Post a Comment