Sunday, January 3, 2016

Ke Lumajang akhir tahun 2015, awal tahun 2016

             Hari ini awal Januari 2016, hari pertama beraktivitas lagi setelah liburan akhir tahun 2015 dan tahun baru 2016. Seperti tahun lalu saya ajak anak-anak berlibur ke Lumajang, mengunjungi neneknya. Waktu itu saya mengatakan pada neneknya anak-anak InsyaAllah kami datang lagi tahun depan. Dengan seijin Allah SWT sampai juga kami di Lumajang liburan tahun ini, naik kereta. Alhamdulillah.
              Silaturrahmi, saya tekankan pada diri dan anak-anak niat bersilaturahmi supaya Allah ridho dan perjalanan jauh ini tidak sia-sia. Agama mengisyaratkan pentingnya silaturrahmi dan saya teringat serta pegang erat ini: “Dari sahabat Abu Bakrah ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah ada dosa yang lebih layak untuk disegerakan oleh Allah Ta’ala bagi pelakunya hukuman di dunia ditambah lagi hukuman yang Ia siapkan di akhirat dibanding perbuatan melampaui batas dan memutus hubungan silaturrahmi.” (Ahmad, Abu Dawud, At Tirmizy dan dishahihkan oleh Al Albany). Mempertemukan anak-anak dengan nenek, pakdhe budhe, sepupu, keponakan dan kerabat menjadi kebahagiaan tersendiri. Bahagia melihat nenek di lumajang menyambut cucu-cucunya. Bahagia melihat anak-anak bermain dengan sepupunya walau hanya sekali dalam setahun.
              Hanya Allah SWT yang tahu kapan kami dapat ke sana lagi, dapat berjumpa lagi. Foto di bawah ini adalah salah satu pemandangan persawahan tepi kampung Alm Bapaknya anak-anak. Pagi itu (30 Desember 2015), anak-anak jalan-jalan menengok sawah bersama nenek dan ziarah ke makam bapak dan kakek.

No comments:

Post a Comment